Crystal X

Selasa, 30 Desember 2014

Inilah Manfaat Jika Anda Makan Malam Lebih Awal

Masalah pada kesehatan yang berkaitan dengan pola makan setiap hari seperti obesitas atau diabetes sudah umumnya terjadi dan semakin hari semakin banyak penderitanya. Penyebab utama masalah ini disebabkan oleh pilihan makanan atau pola makan yang tidak sehat di tambah jam  makan yang tidak teratur. Makanan tidak sehat akan kurang bisa dicerna oleh tubuh dengan baik dan akhirnya dapat menyebabkan berbagai macam gangguan.
Hal yang sering menyebabkan masalah tersebut yaitu jam makan malam, terlebih makanan yang dikonsumsi merupakan golongan makanan berat. Padahal beberapa jam setelah anda makan sudah masuk dalam jam tidur dan yang pasti sistem dalam tubuh anda akan berhenti bekerja. Sebab itulah disarankan untuk makan malam lebih awal atau jauh sebelum masuk jam tidur anda.
Makan malam lebih awal akan bermanfaat baik bagi tubuh anda, diantaranya :
Menghindari naiknya asam lambung
Jika anda mengonsumsi makanan berat sebelum tidur maka kemungkinan besar anda akan merasa tidak nyaman ketika berbaring di tempat tidur anda. Dan di sisi lain asam lambung anda juga akan ikut naik dan mengakibatkan rasa terbakar di dalam hati. Makan malam lebih awal dari jam yang biasa anda terapkan akan membantu anda mencegah masalah-masalah tersebut.
Memberikan waktu lebih untuk mencerna makanan
Anda akan memberikan waktu yang lebih lama supaya makanan dapat dicerna dengan baik jika anda makan malam lebih awal. Karena disaat anda tidur proses pencernaan makanan tidak bisa sempurna dan pada akhirnya kaan menyebabkan berbagai masalah dan penyakit dalam pencernaan.
Menghindari obesitas
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa obesitas dan makan malam memiliki hubungan yang sangat erat. Hal ini disebabkan karena sistem penceraan tubuh tidak berlangsung dengan baik disaat malam hari. Selain itu sistem metabolisme tubuh akan cenderung semakin melambat. Dan cara ini akan membantu anda meminimalkan risiko terjadinya obesitas.
Mengurangi kecenderungan untuk makan berlebih

Dengan makan malam lebih awal akan membantu mengurangi kecenderungan makan lebih banyak dan berlebihan. Ini disebabkan jarak antara makan siang dan makan malam yang lebih awal tidak terlalu lama sehingga perut tidak akan terasa terlalu lapar pada malam hari. Dengan cara itu porsi makan malam pun tidak akan terlalu banyak atau berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar