Crystal X

Kamis, 04 Desember 2014

6 Cara Gampang Agar Menstruasi Lebih Teratur

Datang bulan yang tidak teratur seringkali menjadi masalah yang sering membuat banyak wanita pusing dan bahkan stres. Apalagi jadwal menstruasi datang tiba-tiba, terlambat atau lebih cepat dari jadwalyang seharusnya. Terdapat banyak factor yang bisa menjadi penyebab jadwal menstruasi yang tidak teratur seperti gaya hidup yang tidak sehat serta konsumsi obat-obatan tertentu dan juga stres.
Yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya agar jadwal datang bulan bisa lebih teratur? Melakukan beberapa perubahan kecil dalam pola makan dan pola hidup akan dapat sangat mempengaruhi siklus haid Anda. Contohnya dengan tidak merokok juga tidak minum minuman beralkohol dan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu Anda juga bisa mencoba enam cara di bawah ini agar siklus menstruasi Anda  lebih teratur.
1.       Minum air jahe hangat
Minuman jahe dari jahe bubuk yang Anda minum dapat membantu Anda untuk menormalkan siklus menstruasi yang sebelumnya amburadul. Campurkan 1 sendok teh jahe bubuk kering dengan segelas air hangat kemusian minum di pagi hari di saat perut masih kosong.
2.       Minum jus seledri
Jus seledri yang Anda minum ini bisa membantu Anda untuk mengatasi siklus datang bulan yang mulai tidak teratur. Dengan minum jus seledri dua kali dalam satu hari Anda akanmendapatkan kandungan yang ada di seledri yang bisa menstimulasi uterus dan membuat siklus menstruasi lebih lancer dan teratur.
3.       Berhubungan seksual
Bagi Anda semua yang sudah bersuami Anda bisa coba cara yang ini. Berhubungan suami istri bisa mengkontraksi uterus sekaligus bisa melemaskan kekakuan yang terjadi pada otot-otot miss V. Hormon yang diproduksi saat Anda berhubungan suami istri juga bisa membantu melancarkan siklus menstruasi yang mulai tidak teratur.
4.       Kompres menggunakan air hangat
Masukkan air hangat ke dalam botol yang nyaman untuk digunakan untuk mengkompres lalu kompres perut Anda menggunakan botol yang sudah berisi air hangat. Kompres perut Anda selama 10 hingga 15 menit lakukan dua hingga tiga kali dalam satu hari.
5.       Olahraga
Anda bisa melakukan olahraga kardio atau aerobik supaya siklus haid tidak terlambat atau terlalu cepat. Olahraga yang Anda lakukan bisa meredakan stres juga merangsang keluarnya hormon endorfin dan mengurangi kadar estrogen yang ada di dalam tubuh. Olahraga ini akan menyebabkan siklus menstruasi lebih lancar tanpa menyebankan efek samping.
6.       Konsumsi buah-buahan
Cara alami yang sangat mudah untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur adalah dengan mengonsumsi berbagai macam buah-buahan yang bisa menghasilkan panas tubuh. Buah yang biasa digunakan adalah buah-buah tropis contohnya buah nanas, bisa juga pepaya dan mangga.

Selain tips yang sudah dijabarkan sebelumnya ada juga sejumlah cara alami lain untuk mendapatkan siklus datang bulan  yang lancar seperti minum teh parsley dan mengonsumsi buah serta sayur yang kaya akan vitamin C di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar