Crystal X

Kamis, 11 Desember 2014

Hindarilah Makanan-Makanan Ini biar terhindar dari Kerusakan Gigi Part 1


Tidak semua orang menyukai kunjungan ke dokter gigi akibat tindakan yang tidak nyaman dan biaya yang terkadang tidak lah sedikit. Oleh sebab itu pencegahan sebenarnya adalah langkah yang paling baik dalam menjaga kesehatan gigi anda.

Salah satu tindakan pencegahan tersebut adalah dengan mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke mulut kita. Tidak hanya permen , sebenarnya masih banyak konsumsi lain yang tidak disadari bisa membahayakan kesehatan gigi anda.
Inilah bebrapa makanan dan minuman yang bisa merusak gigi dan jarang diketahui seperti dikatakan Ketua Asosiasi Dokter Gigi Australia :
1. Minuman olahraga
Minuman olahraga sama seperti minuman energi lainnya banyak mengandung asam dan tinggi akan kandungan kadar gula. serangan asam yang dapat mengikis enamel gigi biasanya berlangsung selama sekitar 20 menit .
Alldritt mengingatkan kecuali Anda memiliki sesi latihan yang cukup lama dan sering, Anda mungkin tidak memerlukan bahan bakar ekstra dan elektrolit yang ada pada minuman olahraga

2. Muesli batangan
Muesli batang atau granola batang adalah makanan proses yang terbuat dari gandum, oats , dan kacang. Sekilas makanan ini terlihat sehat namun kandungan yang mengikat bahan-bahan tersebut sehingga bisa menjadi bentuk batang ialah gula.
Alldritt mengatakan gula pada cemilan tersebut membuat tiap gigitan menjadi lengket dan sulit dibersihkan jika sisa-sisa tersangkut dalam celah-celah gigi.

3. Wine
Terutama wine putih dan wine bersoda memiliki kandungan asam yang bisa mengerosi lapisan keras pada enamel gigi. Kandungan Asam juga bisa membuat gigi lebih rentan terhadap noda yang bisa menjadi masalah jika wine dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain dengan pigmen yang kuat seperti kuah kari.
Alkohol secara umum juga bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat produksi air liur menjadi lebih sedikit. Hal ini mengakibatkan gigi menjadi lebih berisiko rusak karena kering
4. Yoghurts rendah lemak
Produk susu sering dianggap baik untuk kesehatan gigi dan kesehatan tulang, tapi menurut Alldritt variasi produk susu yang rendah lemak justru tidaklah  bagus..
"Satu-satunya cara mereka dapat membuat yoghurt menjadi lezat dengan begitu banyak lemak yang diambil dari situ adalah dengan menambah gula. Seringkali jumlah yang ditambahkan juga tidak masuk akal," kata Alldritt.
Meski demikian Alldritt mengatakan memang tidak semua yoghurt rendah lemak seperti ini. Oleh sebab itu disarankan konsumen selalu mengecek kandungan nutrisi yang terkandung di dalam yoghurt sebelum membelinya

Itulah beberapa makanan yang bisa merusak gigi.  hindarilah makanan-makanan ini dan semoga artikel ini bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar