Crystal X

Rabu, 17 Desember 2014

Atasi Punggung Sakit Saat Hamil Besar Bukanlah Perkara Susah


Bayi Anda tumbuh dengan baik, itulah yang seharusnya terjadi dan menjadi berita baik untuk keluarga Anda. Namun beban yang ada di punggung Anda menjadi lebih berat seiring dengan peningkatan berat badan, perubahan postur tubuh serta perubahan hormon, pemisahan otot rahim dan juga stres emosional. Kebanyakan wanita yang sedang hamil akan mengalami nyeri di bagian punggung pada paruh kedua masa kehamilan. Anda sebagai wanita harus tahu ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya nyeri punggung pada saat hamil besar seperti berikut ini:
·         Latihan
Dengan melakukan olahraga yang teratur sebelum mausk pada masa melahirkan dapat memperkuat otot juga meningkatkan fleksibilitas. Selain manfaat itu hal ini juga dapat mengurangi stres juga tekanan yang terjadi pada tulang belakang Anda. Latihan yang aman bagi yang sedang wanita hamil yaitu berenang atau bisa juga berjalan dan bersepeda statis.
·         Kompres panas dan dingin
Menerapkan metode kompres panas dan dingin di punggung Anda bisa sangat membantu mengatasi masalah yang ada dipunggung. Mulailah dengan cara menempatkan kompres dingin seperti menggunakan kantong es atau sayuran beku yang dibungkus menggunakan handuk pada daerah yang sakit selama 20 menit dan lakukanlah beberapa kali dalam satu hari. Setelah melakukannya dua atau tiga hari beralihlah ke kompres panas yaitu dengan menempatkan bantal pemanas atau botol air panas pada daerah yang terasa sakit. Anda harus berhati-hati untuk tidak menerapkan botol berisi air panas ke bagian perut Anda selama masa kehamilan.
·         Memperbaiki postur tubuh
Posisikan tubuh Anda pada posisi yang tepat saat bekerja dan duduk atau tidur merupakan langkah yang terbaik. Contohnya dengan memberi ganjalan bantal pada perut dan antara lutut saat tidur, hal ini akan menghilangkan tekanan pada punggung Anda. Disaat duduk tempatkan handuk yang diletakkan pada belakang punggung kemudian, istirahatkan kaki Anda pada bangku kecil dan duduk dengan tegak. Mengenakan sabuk pendukung bagi ibu hamil bisa sangat membantu.
·         Konseling
Jika masalah sakit punggung yang Anda alami ini berhubungan dengan stress maka berbicara dengan teman yang terpercaya dapat membantu.
·         Akupuntur
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa akupuntur merupakan cara efektif dalam mengurangi nyeri punggung bawah selama masa kehamilan.
·         Chiropractic
Apabila dilakukan dengan benar maka chiropractic pada tulang belakang tidak akan menimbulkan masalah selama kehamilan, namun berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebihdahulu sebelum mencari perawatan chiropractic.

Semoga tips di atas bisa membuat Anda terhindar dari sakit punggung di saat masa hamil besar sehingga bisa mempersiapkan persalinan dengan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar