Crystal X

Rabu, 07 Januari 2015

Kenali Manfaat Lain Lengkuas Selain Bumbu Masak

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai macam rempah dan sudah diketahui sejak dahulu kala oleh banyak orang di berbagai negara. Dan karena alasan inilah banyak negara ingin menguasai Indonesia dan menempuh jalan menjajah negara kita ini. Anda sebagai warga Negara Indonesia juga patut bangga karena bumbu masakan yang ada di dalam dapur Anda sebenarnya juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.
Bumbu yang bernama lengkuas atau yang sering juga disebut dengan laos dalam Bahasa Jawa ini memiliki manfaat kesehatan seperti yang akan kami bahas berikut ini
·         Kaya gizi
Walaupun sangat jarang atau bahkan tidak pernah dimakan secara langsung namun bumbu dapur yang bernama lengkuas sangat kaya serat di dlaamnya yang sangat baik untuk memperlancar system pencernaan Anda. Selain itu lengkuas juga kaya kandungan zat besi, natrium, vitamin A dan C, flavonoid, fitonutrien juga emodin, beta sitosterol serta quercetin dan galangin yang akan bermanaat untuk kesehatan tubuh Anda.
·         Meredakan mabuk laut, perjalanan dan morning sickness
Lengkuas merupakan bumbu dapur yang memiliki aroma yang cukup kuat sehingga dapat meredakan mual yang mengganggu Anda. Pada umumnya ibu hamil sering merasakan morning sickness hingga menyebabkan nafsu makan semakin berkurang. Jika Anda menyeduh lengkuas bersama air hangat dan madu maka ramuan ini bisa meredakan mual karena aromaterapi yang di hasilkannya.
Bahkan disaat Anda mabuk perjalanan, baik laut atau darat Anda bisa menggunakan lengkuas untuk meredakan mabuk yang akan sangat mengganggu perjalanan Anda, karena lengkuas akan membantu Anda dalam mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan perut mual dan membantu keluarnya angin yang ada di dalam perut. Anda juga bisa mengobati masalah diare dengan menggunakan lengkuas karena sifat dari lengkuas yang antibakteri dan juga anti-jamur.
·         Memperlancar peredaran darah
Membuat jus yang berasal dari lengkuas mungkin terdengar absurd tapi jangan remehkan manfaat dari jus ini. Jus lengkuas bisa membantu Anda untuk melancarkan peredaran darah. Kolesterol dalam tubuh Anda juga akan berkurang dan Anda bisa menjaga tubuh lebih baik karena oksigen dalam tubh Anda akan lebih banyak dan beredar di dalam tubuh.
·         Mengobati luka bakar dan gatal kulit
Jika Anda memiliki masalah atau penyakit gatal kulit maka lengkuas yang sudah dihancurkan dan dibubuhkan ke bagian yang gatal akan mempercepat proses penyembuhan juga akan  menghentikan penyebaran ke bagian kulit lain.
Jus lengkuas bisa Anda terapkan secara topikal untuk pengobatan penyakit kulit karena terdiri dari 40 macam antioksidan yang berbeda di dalamnya sehingga dapat membantu Anda untuk melindungi kulit terhadap penuaan dini. Bahkan jus lengkuas juga bisa menyembuhkan luka bakar di kulit. Caranya terapkan 2 sampai 3 kali dalam stu hari, cara ini akan mempercepat penyembuhan masalah Anda tersebut.
·         Memperkuat akar rambut juga menjaga kesehatan rambut
Dengan minum jus yang terbuat dari lengkuas Anda sekaligus bisa menjaga kesehatan rambut dan akar rambut dari masalah kerontokan. Manfaat ini karena peredaran darah yang lancar dari konsumsi jus lengkuas sehingga bisa mengalirkan nutrisi dan oksigen lebih baik ke kepala Anda.

Jadi tidak ada salahnya mulai dari sekarang jangan hanya memanfaatkan lengkuas sebagai bumbu masak saja karena Anda pun juga bisa mendapatkan banyak menfaat lain jiga Anda menjadikannya sebagai obat untuk mengobati penyakit yang ada di dalam tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar