Crystal X

Sabtu, 17 Januari 2015

3 Buah yang Baik Untuk Tahap Memperkenalkan MPASI

Buah adalah sumber vitamin yang baik untuk bayi. Masing-masing buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda dan masing-masing vitamin mempunyai manfaat bagi tubuh bayi anda. Walaupun pada dasarnya buah memberikan manfaat baik untuk bayi anda namun seringkali anda kebingungan dalam memberikan buah apa pada tahap memperkenalkan Makanan Pendamping ASI atau MPASI.
Menurut ahli gizi semua buah memiliki manfaat baik untuk bayi hanya saja dalam pemberian buah harus disesuaikan dengan usia. Buah dapat mulai diberikan pada bayi yang sudah masuk dalam usia 6 bulan. Pada usia 6 bulan kematangan pencernaannya sudah dapat mendukung proses pencernaan buah.
Berikut ini akan dijabarkan jenis buah yang dapat diperkenalkan dalam tahap MPASI pertama. Walaupun pada dasarnya buah bisa diberikan pada bayi namun anda sebagai ibu harus mempertimbangkan beberapa hal dan salahsatunya tekstur. Sebaiknya buah yang memiliki tekstur yang lembut dan anda dapat menghaluskannya terlebih dahulu yang anda kenalkan terlebih dahulu.
Pencernaan bayi masih dalam fase penyempurnaan sehingga sebaiknya diberikan buah yang memiliki rasa manis terlebih dahulu. Jika tidak mengalami masalah pencernaan yang bisa ditandai dengan BAB yang normal, tidak mulas maka anda dapat diberikan kembali.
Inilah 5 jenis buah yang baik diberikan pada tahap MPASI :
1. Pisang
Kandungan yang ada pada buah pisang yaitu fosfor, kalium serta asam folat dan juga vitamin A baik untuk kesehatan bayi. Untuk penyajian pisang pada face MPASI yaitu dengan mengeruk daging buah pisang sampai lembut kemudian baru sajikan pada bayi. Bisa juga dibuat campuran bubur atau pure sehingga menambah rasa dan tidak membuat bayi merasa bosan.
2. Jeruk
Pemberian ada yang mencemasakan ketika buah jeruk dikenalkan pada usia MPASI. Jeruk yang baik adalah jeruk yang memiliki rasa manis sehingga anda tidak perlu khawatir dengan masalah kesehatan yang akan ditimbulkannya. Kandungan gizi dalam buah jeruk sangat bagus yaitu kalsium, kalium, vitamin C dan A serta serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan bayi anda. Untuk penyajiannya anda bisa mengupasnya kemudian peras hingga air nya bisa diberikan pada bayi. Pemberian jeruk secara langsung belum disarankan karena tekstur dari buah jeruk yang masih sulit dicerna oleh bayi.
3. Tomat

Tomat memiliki kandungan seperti kalsium, natrium juga serat, protein, magnesium serta asam folat dan vitamin A di dalamnya. Anda dabisapat memperkenalkan tomat pada bayi anda dengan campuran bubur. Jadikan buah tomat sebagai pelengkap atau sebagai saus yang disajikan bersama bubur atau pure.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar