Crystal X

Senin, 26 Januari 2015

Berikut Ini Gejala dan Cara Mengatasi Mata yang Berair

Mata adalah salah satu organ tubuh seseorang yang mengungkapkan perasaan hati salah satunya yaitu perasaan sedih. Karena disaat sedih anda akan menangis dan mengeluarkan air mata. Yang mungkin menjadi pertanyaan sebagian orang, bagaimana jika tidak sedih namun air mata tetap keluar? Berikut ini penjelasan dari dr. Rahajeng A.P.
Air mata memiliki fungsi sebagai penyaring yang menjadi pelindung mata dari berbagai macam benda asing. Tapi air mata yang diproduksi dalam jumlah yang terlalu banyak justru malah dapat menyebabkan mata menjadi berair.
Penyebab mata berair atau yang biasa disebut epiphora adalah penyaring air mata yang tidak berfungsi dengan baik atau mata yang  memproduksi terlalu banyak cairan atau air mata. Namun uniknya penyebab mata yang berair yaitu mata kering. Karena mata yang kering  dapat memicu saluran air mata mengeluarkan air mata berlebih.
Air mata diproduksi kelenjar lakrimal yang terletak pada bagian atas dan di balik kelopak mata sebelah atas. Disaat mata berkedip maka kelopak mata akan mengeluarkan air mata  yang melapisi permukaan mata dan berkumpul di  bawah kelopak. Kemudian air mata menyebar ke saluran drainase mata lalu masuk ke dalam kantung lakrimal sebelum  akhirnya menuju saluran nasolakrimal atau saluran yang  menghubungkan antara mata dan juga hidung. Kemudian air mata menuju ke hidung dan tenggorokan dan proses ini berlangsung berulang kali.
Berikut inii beberapa gejala mata berair :
1. Mata terasa gatal dan juga panas
2. Pandangan mata menjadi kabur atau tidak jelas
3. Terasa tidak nyaman di bagian mata
4. Kelopak yang bengkak
5. Mata menjadi merah
6. Bersin
Berikut ini beberapa perawatan yang dapat anda lakukan:
Menggunakan tetes mata buatan
Jika mata anda terasa gagal dan terjadi iritasi maka kemungkinan  besarnya hal tersebut disebabkan oleh adanya alergi yang bisa diredakan dengan menggunakan obat tetes mata anti alergi. Jika diperlukan mintalah resep obat tetes mata pada dokter untuk berjaga-jaga dampak lain.
Posisi kelopak mata yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab mata berair. Dan memerlukan operasi kecil untuk memperbaiki kondisi  tersebut.

Jika mata anda mengeluarkan cairan selain air mata bisa jadi saluran  air mata anda tersumbat dan membutuhkan upaya untuk menyedot cairan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar