Crystal X

Jumat, 23 Januari 2015

Atasi Gangguan Pencernaan Hingga Cegah Kanker Dengan Menggunakan Daun Mint

Tanaman yang memilki nama latin Mintha Spacata ini merupakan salah satu tanaman herbal tertua dan paling popular yang berkembang hampir di seluruh dunia. Tanaman yang biasanya digunakan sebagai bahan tambahan masakan ini terbagi menjadi beberapa jenis dan masing-masing jenis tersebut memiliki aroma yang berbeda. Selain menjadi bahan tambahan rasa pada makanan dan minuman tanaman ini juga dijadikan campuran pada bebagai hidangan dan salah satu yang banyak dijumpai yakni pada salad buah.
Tanaman yang memilki aroma yang menyegarkan ini merupakan tanaman yang sudah sejak lama digunakan dalam berbagai budaya diantaranya seperti di Timur Tengah juga Eropa dan India. Ciri khas dari tanaman mint yaitu rasa manis yang disertai sensasi dingin menyegarkan setelah memakannya. Fakta terbaru mengatakan bahwa daun mint yang tumbuh di Asia mempunyai rasa jauh lebih kuat dari daun mint yang ada di benua Eropa, rasa manis dan sensasi tanaman mint Asia juga lebih khas. Selain busa dijadikan sebagai bahan pelengkap rasa daun mint juga memiliki sejumlah manfaat besar untuk kesehatan tubuh seseorang. Manfaat tersebut bisa anda dapatkan dari mengkonsumsinya secara langsung maupun yang sudah dalam bentuk ekstrak ataupun minyak.
Berikut ini Bermabai manfaat baik yang bisa anda dapatkan.
1.    Atasi Gangguan Pencernaan
Daun ini berpotensi dapat memperlancar system pencernaan dan meringankan disaat terjadi kejang atau kram dibagian perut. Hal tersebut bisa di dapat karena effect anastesia dalam daun mint yang ampuh untuk meringankan rasa sakit di bagian perut. Jika dikonsumsi secara langsung daun mint juga ampuh menghilangkan rasa mual karena sakit perut atau perut yang kembung. Anda bisa mengkonsumsinya untuk membantu anda dalam mengatasi masalah pencernaan yang terjadi. Selain itu kandungan senyawa yang berfungsi sebagai penyembuhan yang ada pada daun mint dikenal mampu mencegah pembentukan gas di dalam perut.
2.    Mengurangi Resiko Alergi
Daun mint dikenal memiliki sifat alami yang bisa membantu anda mengontrol pertumbuhan jamur dan bakteri yag ada di dalam tubuh sehingga mampu mengurangi resiko terjadinya alergi.
3.    Mengobati Gangguan Pernapasan
Kandungan mentol yang ada dalam daun mint merupakan bahan umum yang digunakan dalam obat flu. Aroma mentol dari daun mint ampuh membuka saluran pernapasan yang terganggu seperti hidung tersumbat karena mengandung anti-inflamasi di dalamnya. Selain itu daun mint juga bermanfaat untuk para penderita asma karena dapat mampu melonggarkan kontraksi bronkus yang akan membantu melancarkan saluran pernapasan yang terseumbat saat asma yang di derita kambuh. Sifat antibacterial di dalamnya juga mampu mengobati infeksi yang disebabkan bakteri. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut anda bisa mengaplikasikan daun mint dengan cara diminum sebagai teh.
4.    Menyegarkan Kulit Kepala
Argunem daun mint yang brmanfaat untuk kulit kepala sudah banyak dibuktikan dengan semakin maraknya produsen shampoo yang menggunakan daun mint sebagai bahan dasar produk mereka. Hal ini disebabkan oleh daun mint juga dapat difungsikan sebagai obat herbal untuk mengatasi dan menyegarkan kulit kepala yang terkena iritasi. Supaya manfaatnya lebih maksimal anda bisa menggunakan daun mint secara langsung dengan cara mengambil beberapa lembar daun mint kemudian remas hingga halus dan aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat lembut. Kandungan mentol yang ada dalam dalam daun mint mampu menyegarkan kulit kepala. Diamkan sekitar 20 menit supaya kandungan mentol di dalamnya meresap ke kulit kepala anda dan barulah kemudian bilas dengan air.
5.    Mengatasi Bau Mulut

Rasa dan aroma dari daun mint yang begitu menyegarkan membuatnya cocok untuk dijadikan obat untuk menghilanhkan bau nafas yang tidak sedap. Untuk mengatasi masalah tersebut daun mint bisa anda konsumsi dengan cara menjadikannya teh baik yang terbuat dari daun mint segar maupun yang sudah dikeringkan, kedua bahan tersebut efektif untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Manfaat lain dari daun mint juga dapat menjaga mulut tetap lembab dan merangsangnya untuk produksi air liur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar