Crystal X

Senin, 02 Februari 2015

Penyebab dan Cara Untuk Atasi Penyakit Maag

Dengan mengenal lebih penyakit maag akan membuat anda mengerti bagaimana cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi sakit maag. Sebenarnya apa itu penyakit maag? Penyakit maag bisa disebut juga sebagai radang lambung atau bisa juga tukak lambung yaitu suatu gejala penyakit yang terjadi pada lambung akibat adanya peradangan atau luka yang sehingga menimbulkan rasa mulas, rasa sakit dan perih pada perut oenderitanya.
Penyakit ini bisa diderita oleh semua usia dan bisa sewaktu-waktu kambuh apabila penderita melakukan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penyakit maag. Mungkin sampai saat ini anda masih bingung apa yang menjadi penyebab terjadinya penyakit maag. Oleh karena itu simak beberapa penyebab penyakit maag dibawah ini :
·         Pola makan tidak teratur
·         Mengonsumsi obat-obatan tertentu
·         Nimun minuman beralkohol
·         Adanya mikroorganisme merugikan di dalam lambung
·         Pola tidur yang tidak teratur
·         Terlalu sering stress
Penyakit maag atau radang lambung ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu penyakit maag akut dan maag kronis. Perbedaan tersebut dilihat dari tingkatan keparahannya, penykit maag dapat dibedakan menjadi tiga :
·         Maag ringan
Maag bisa dikatakan berada dalam tahap yang ringan apabila dasaat dilakukan pemeriksaan akan terdeteksi kelebihan asam lambung di bagian dinding lambung.
·         Maag sedang
Kondidi ini terjadi disaat penderita mulai merasakan sakit, rasa mual dan nyeri yang membuat si penderita tidak nyaman.
·         Maag kronis
Tahap kronis terjadi saat penderita akan merasakan nyeri juga sakit dan mual dengan intensitas yang jauh lebih parah dibandingkan maag sedang sedang.
Kanker lambung merupakan penyakit lambung yang terjadi akibat dari lambung yang terpapar oleh  mikroorganisme merugikan yaitu Helycobacter pylori.
Walaupun terlihat sepele namun kondisi penyakit maag yang parah sangat berbahaya bahkan  dapat menyebabkan kematian. Karena itu jika anda menderita penyakit ini segera lakukan pengobatan apabila mengalami beberapa gejala maag yang diantaranya seperti rasa sakit saat buang air besar, perut yang sering terasa lapar, rasa kembung juga mual dan muntah, rasa nyeri di bagian dada dan juga perut. Gejala maag yang timbul akan semakin beragam pada penderita penyakit maag yang sudah dalam kondisi parah sehingga akan sangat mengganggu dan menyebabkan sang penderita merasa kesakitan.
Sebenarnya penyakit ini bisa disembuhkan secara total namun penyakit maag memiliki kemungkinan kambuh lagi sewaktu-waktu jika si penderita melakukan salah satu penyebab masalah ini, seperti pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak makan dan berbagai penyebab lain. Untuk meredakan penyakit ini jika anda adalah penderita masalah ini maka anda bisa mengonsumsi obat maag yakni dua jam sebelum makan karena hal itu dapat membantu menetralisir asam lambung yang menjadi oenyebab penyakit ini.
Setelah selesai makan penderita bisa minum obat lagi setelah dua jam yang berfungsi untuk melindungi lambung dari asam lambung yang diproduksi setelah makan. Dengan menerapkan cara ini asam lambung anda tidak akan menyebabkan luka dan menimbulkan rasa nyeri atau perih bahkan sakit pada perut anda.
Supaya penyakit maag ini tidak menyerang tubuh anda sebaiknya lakukan upaya pencegahan dari penyakit maag seperti :
·         Mengatur pola makan dengan baik
·         Olahraga teratur
·         Janan makan makanan yang mengandungan lemak tinggi yang dapat menghambat pengosongan lambung seperti keju, cokelat juga gorengan.
·         Hindari makanan yang bisa menyebabkan timbulnya gas di lambung seperti  kentang, kubis juga semangka dan melon.
·         Hindari semua makanan pedas
·         Hindari minuman beralkhohol dan kafein
·         Hentikan kebiasaan merokok.
·         Hindari obat yang bisa mengakibatkan dinding lambung terkena iritasi

·         Hindari stress yang berlebih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar