Crystal X

Kamis, 12 Februari 2015

Kenali Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

Anak yang menderita penyakit jantung bawaan sangat membutuhkan peran dan dukungan dari lingkungan sekitar. Peran anda sebagai orang tua juga merupakan peran yang sangat penting. Anak yang mengalami penyakit jantung bawaan harus mendapatkan asupan gizi yang tepat dan optimal.
Kebanyakan anak dengan penyakit jantung bawaan di dalam tubuhnya akan mengalami kesulitan dalam menerima asupan gizi sampai diperlukan intervensi pemberian nutrisi. Sedangkan pada anak yang masih berusia dibawah 6 bulan dapat diberikan hindmilk yaitu ASI yang keluar 2 sampai 3 menit setelah ASI pertama dengan jumlah kandungan kalori yang lebih banyak.
Sedangkan pada mereka anak prasekolah dan usia sekolah maka anda harus memperhatikan aktivitas fisiknya. Meski demikian perhatian khusus bukan berarti akan menghambat perkembangan anak. Anak yang menderita penyakit jantung bawaan masih tetap bisa bermain dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan menunjukan kelebihan mereka. Peran orang tua pada anak penderita penyakit ini dibutuhkan untuk pemantauan jangka panjang serta pemantauan tumbuh kembang anak.
Gejala juga penyebab penyakit jantung bawaan
Gejala anak dengan penyakit jantung bawaan dalam tubuhnya seringkali mengalami kelalahan saat sedang beraktivitas. Namun hal ini merupakan gejala umum yang tidak dapat disimpulkan bahwa anak mengalami penyakit jantung bawaan. Beberapa gejala khusus yang mengarah pada penyakit jantung bawaan pada pada anak yaitu :
·         Bagian mulut, ujung kaki dan tangan terlihat berwarna biru
Namun pada anak yang mengidap penyakit jantung bawaan non sianotik gejala ini tidak terlalu tampak.
·         Sesak nafas disaat melakukan aktivitas ringan
Anak penderita penyakit jantung bawaan sering mengeluhkan nyeri pada bagian dada dan mengalami kesulitan dalam beraktivitas. Ketika mereka bernapaa akan terlihat cekungan di dada karena terlalu dalam saat mengambil nafas.
·         Mengalami masalah dalam pertumbuhan dan kenaikan berat badan.
Sedangkan penyebab dari penyakit jantung bawaan pada anak merupakan kelainan yang disertai dengan adanya infeksi TORCH saat anak masih ada di dalam kandungan. Walaupun demikian penyebab lainnya masih mungkin terjadi seperti faktor turunan dari keluarga, kondisi genetik atau akibat dari pola hidup yang tidak sehat yang dilakukan oleh orang tuanya. Penyebab utama dari penyakit ini memang masih sulit ditentukan, karena paling besar dipengaruhi oleh penyebab yang masih sulit diketahui.
Cara pengobatan penyakit jantung bawaan pada anak
Jika anak anda mengalami gejala yang menjurus pada penyakit jantung maka segera bawa anak anda nerkonsultasi dengan dokter. Pemeriksaan untuk mendiagnosis penyakit anak diperlukan untuk mengetahui apakah anak anda menderita penyakit jantung bawaan atau tidak. Deteksi dan identifikasi penting dilakukan untuk mengetahui pengobatan paling tepat yang akan dilakukan.
Untuk mendiagnosa penyakit jantung bawaan pada anak diperlukan :
·         Pemeriksaan foto rontgen.
·         Rekam listrik jantung.
·         Pemeriksaan menggunakan alat USG jantung untuk mengetahui adanya kelainan struktural jantung pada anak.
·         ST-SCAN dan Angiography.
Penanganan penyakit jantung bawaan dapat dilakukan melakukan tindakan operasi segera setelah anak lahir atau hanya memerlukan pemantauan smapai sang anak dewasa. Saat ini penyakit jantung bawaan dapat dikoreksi dengan cara operasi maupun non bedah.

Dengan demikian pencegahan penyakit jantung bawaan pada anak dapat dilakukan pada saat anak masih ada di dalam kandungan walaupun sampai saat ini hanya sedikit ibu hamil yang meminta pemerikaan jantung pada janin. Pemeriksaan jantung pada bayi yang masih dalam kandungan baru dilakukan jika dicurigai janin dalam kandungan mengalami gejala penyakit jantung bawaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar