Crystal X

Rabu, 18 Februari 2015

Berbagai Manfaat Air Selama Anda Hamil

Untuk merawat kehamilan dapat dilakukan secara alami dengan cara menjaga pola makan dan gaya hidup anda tetap sehat. Selain itu beberapa unsur alami juga dapat membantu anda dalam menjagakesehatan anda janin dalam perut anda, dan yang lebih menggembirakan bahkan anda dapat dengan mudah melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Cara tersebut seperti jalan santai, senam kehamilan atau bida juga dengan menggunakan air. Unsur yang ada di dalam air dapat dapat memberikan manfaat untuk anda dan janin anda. Inilah manfaat air selama masa kehamilan :
1.  Membuat anda jadi lebih rileks
Bagi anda yang sedang dalam masa kehamilan dapat melakukan olahraga renang tentunya bagi ibu hamil dengan resiko kehamilan yang kecil dan bagi anda yang akan melakukan renang sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan anda. Berenang pada saat anda hamil akan membantu merelaksasi dan mengurangi tingkat stress, selain itu keuntungan lain menggunakan latihan di dalam air seperti berenang akan membantu anda untuk mengatasi berat badan anda selama kehamilan dikarenakan air akan membantu anda melakukan gerak yang bebas.
2.  Persiapan Persalinan
Anda bisa melakukan latihan kehamilan di dalam air tanpa harus merasa terbebani karena olahraga di dalam air akan sangat menyenangkan dan menenangkan. Latihan yang dilakukan di dalam air sangat ideal dilakukan selama masa kehamilan. Latihan di dalam air terkait dengan latihan kardio-vaskular tanpa adanya tekanan pada sendi-sendi anda. Melakukan aerobik di dalam air juga sangat bagus untuk mendapatkan kebugaran dan memberikan kenyaman pada otot otot anda terutama pada saat anda mempersiapkan persalinan.
3.  Membuat Posisi Janin Lebih Baik
Dengan berenang terutama gaya dada merupakan sebuah cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk mendorong janin dalam kandungan anda berada di posisi yang optimal. Dengan perut dalam posisi menggantung akan membantu posisi janin dalam berkembangannya selain itu gerakan kaki katak juga dapat mendorong panggul anda untuk membuka sehingga lebih banyak ruangan untuk janin dalam kandungan menempati posisi yang terbaik.
4.  Menikmati Kehamilan anda
Selama kehamilan beberapa wanita mengeluhkan bentuk tubuhnya sedangkan berada di dalam air merupakan cara terbaik untuk melupakan sementara bentuk tubuh anda karena saat anda berada di dalam air anda memiliki berat yang ringan juga bebas gerak selama anda melakukan latihan. Air juga akan memberikan kurva dan berat badan yang ekstra sehingga akan membangun pertumbuhan bayi anda.
5.  Bantu menemukan posisi terbaik untuk mempersiapkan waterbirth
Bagi ibu yang merencanakan kelahiran di dalam air atau yang umum disebut dengan waterbirth, maka anda bisa melakukan latihan di dalam air terlebih dahulu, temukanlah posisi yang nyaman yang bisa mendukung proses persalinan anda. Anda bisa menggunakan kolam renang seagai tempat melakukan latihan dan relaksasi juga latihan pernapasan di dalam kolam renang agar mendapatkan pikiran yang tenang saat anda di dalam air.

Sangat penting untuk anda melakukan latihan di dalam air untuk mendapatkan berbagai manfaat selama kehamilan selain itu jangan pernah lupa untuk mengkonsumsi cairan yang cukup yaitu air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk mencegah infeksi saluran kemih juga menjaga kestabilan pada tubuh serta memfasilitasi aliran nutrisi melalui darah ke bayi dan membantu dalam mengisi cairan ketuban yang hilang. Selain itu air minum juga akan membantu anda dalam mencegah masalah hiprtensi serta kardiosvaskular dan akan membantu untuk mengurangi masalah pencernaan. Bagi ibu hamil yang mengalami keluhan kehamilan seperti morning sickness atau mual dan muntah sebaiknya anda teratur mengkonsumsi air minum setelah anda bangun tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar