Crystal X

Kamis, 05 Februari 2015

Melahirkan Secara Normal Atau Caesar Mana yang Lebih Baik?

Setelah ibu mengandung selama kerang lebih sembilan bulan lamanya proses kelahiran menjadi sebuah hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi para orang tua manapun terutama bagi wanita. Persalinan merupakan proses yang akan sangat mendebarkan dan istimewa. Saat ini ada dua cara proses persalinan yang bisa dilakukan oleh seorang para ibu hamil, yaitu cara normal atau dengan cara melakukan operasi caesar.
Proses persalinan yang dilakukan secara normal yaitu proses melahirkan dengan cara alami yaitu bayi akan keluar melalui jalan lahirnya atau miss v. Sedangkan melahirkan dengan cara operasi caesar adalah proses kelahiran dengan cara malakukan operasi atau menyayat bagian bawah perut sampau bagian Rahim, dua cara persalinan tersebut memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Anda ibu yang sudah mendekati proses persalinan bisa memilih proses kelahiran mana yang paling tepat dengan melihat kondisi kesehatan tubuh dan kondisi kehamilan anda. Operasi caesar bisa menjadi solusi jika sang ibu mengalami masalah kesehatan sepertu panggul yang berukuran kecil, adanya masalah pada bayi dan beberapa hal lain yang dapat membuat kelahiran normal memiliki resiko dan tidak dapat dilakukan. Umumnya operasi caesar dilakukan untuk menurunkan risiko terjadinya kematian pada ibu dan bayinya.
Namun sebenarnya proses melahirkan yang paling baik yaitu dengan cara normal karena tubuh seorang wanita memang diciptakan untuk proses melahirkan dengan cara normal. Resiko yang ditimbulkan oleh cara ini juga relatif kecil selain itu pemulihannya juga akan lebih cepat. Seorang dokter bernama dr Bob Ichsan Masri populer karena dokter ini anti terhadap proses melahirkan dengan cara operasi caesar. Dokter yang satu ini hanya akan melakukan operasi caesar jika keadaan ibu dan bayinya sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan proses melahirkan secara normal.
Di dalam standard WHO dikemukakan bahwa air ketuban dengan nilai 4 masih bisa dilakukan persalinan normal tapi di Indonesia standar air ketuban yang bisa melakukan kelahiran normal lebih tinggi yaitu 7. Dan standard itulah yang menjadi acuan dr. Bob untuk menjalankan proses kelahiran secara normal.

Memilih proses kelahiran normal atau operasi caesar memang menjadi pilihan anda masing-masing. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memilih proses kelahiran yang tepat dengan mengutamakan keselamatan anda dan bayi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar