Crystal X

Sabtu, 08 November 2014

Manfaat Cranberry Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Antioksidan
Buah masuk ke dalam jenis berry ini mengandung vitamin C yang bisa dikatakan cukup tinggi juga mengandung zat kimia pelawan bakteri jahat serta antioksidan quercetin yang mampu menghambat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Menurut sebuah data mengkonsumsi antioksidan bukan hanya untuk menyelamatkan kulit saja namun juga meningkatkan daya system imun. Karena kulit masuk ke dalam urutan terakhir untuk antrian gizi dari makanan yang masuk ke dalam perut dan ditambah lagi dengan keadaan lingkungan dan kehidupan metropolitan yang tidak bisa lepas dari polusi, dehidrasi yang disebabkan oleh AC juga sinar ultraviolet dan aktifitas kerja yang sangat padat akan membuat tubuh kita menjadi lebih rentan terkena penyakit. Buah cranberry memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, diantaranya proanthocyani, sodium serta fosfor, potasium dan juga Vitamin C yang berguna sebagai anti oksidan yang juga memiliki fungsi anti adhesive.
Anti bakteri
Ternyata sejak dulu suku Indian penduduk asli Amerika Utara, menggunakan buah ini dalam proses pewarnaan alami untuk membuat selimut dan pakaian yang mereka kenakan. Cranberry juga bisa dipakai untuk merawat luka akibat terkena panah dan juga sebagai penguat rasa untuk mengolah daging hasil buruan. Secara tidak langsung suku ini menggunakan buah cranberry sebagai zat anti bakteri atau anti infeksi jauh sebelum ditemukannya antibiotic oleh para peneliti. Efek antimicrobial yang didapat dari dari buah cranberry berasal dari proanthocyane yang berfungsi untuk melemahkan bakteri. Selain itu cranberry dapat menghambat pertumbuhan bakteri H pylori yaitu bakteri yang biasanya menyebabkan bisul pada bagian perut.
Mencegah infeksi kandung kemih
Sebuah penelitian mengemukakan cranberry mengandung suatu senyawa yang membuatnya sulit bagi bakteri untuk menempel pada organ tubuh jika Anda mengkonsumsinya, bakteri tersebut yang terkenal dengan nama E Coli yang menyebabkan 90% infeksi pada saluran kemih penderitanya . Senyawa tersebut hanya ditemukan dalam jus cranberry dan blueberry. Minum jus cranberry secara teratur dapat menyebabkan penurunan bakteri pada saluran kemih yang signifikan. Hal tersebut diduga disebabkan oleh zat anti adhesive yang terkandung dalam jus cranberry menyebabkan bakteri sulit menempel pada dinding saluran kemih Anda yang meminumnya.
Melindungi gigi dan gusi
Dewasa ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa zat anti adhesive yang terkandung dalam cranberry mampu menghalau bakteri yang menempel pada gigi dan gusi serta membantu menghilangkan plak yang bersarang di gigi serta substansi liat dan lengket yang terbentuk dari sisa makanan dan asam yang dapat menyebabkan gusi terkena iritasi.
Manfaat untuk kecantikan
Selain manfaatnya untuk kesehatan buah ini juga bermanfaat untuk kecantikan, dan cara mengolahnya agar bermanfaat untuk kecantikan yaitu masukan 10 cranberry segar yang sudah bersih bersama satu sendok teh madu juga satu sendok minyak almond dan minyak vitamin E satu tetes kedalam sebuah mangkuk yang sudah dibersihkan sebelumnya kemudian panaskan dalam microwave selama kurang lebih 2 menit, apabila Anda tidak mempunyai microwave di rumah sebagai alternatifnya Anda bisa mengolah bahan tersebut dengan cara ditim sampai semua bahan tercampur rata dan matang sempurna. Langkah selanjutnya yaitu diamkan olahan bahan tersebut selamaa 5 menit kemudian saring dengan bahan halus sampai tidak ada sisa-sisa buah cranberry. Aduk campuran bahan tersebut dan biarkan sampai dingin barulah kemudian tuang ke dalam wadah kecil yang sudah bersih dan barulah dioleskan pada bibir sesering mungkin agar bibir lebih sehat juga lembut dan terasa lebih halus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar