Crystal X

Senin, 17 November 2014

Kebiasaan Begadang Meningkatkan Resiko Penyakit Mematikan

Begadang merupakan istilah untuk mereka yang sering menunda-nunda istirahat malam sehingga terjaga sampai larut malam bahkan sampai pagi. Banyak alasan untuk begadang, mulai tuntutan pekerjaan atau hanya sekedar menghabiskan waktu seperti bermain games atau musik serta hanya makan dan minum bersama-sama teman. Intinya begadang tidak baik dan sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena akan berdampak negatif. Kebutuhan tidur yang harus dipenuhi yaitu delapan jam dalam satu hari, Anda yang tidur kurang dari delapan jam perhari apalagi hanya memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam akan meningkatkan beberapa gangguan kesehatan dan salah satunya kanker payudara.
Pernyataan diatas didukung oleh sebuah penelitian di Jepang yang meneliti sampel dengan 24.000 wanita yang memiliki rentang usia antara 40 sampai 79 tahun. Kemudian diperoleh data bahwa wanita dengan waktu kurang dari 6 jam tidur di setiap malam bisa meningkatkan risiko kanker payudara sampai 62 persen lebih tinggi disbanding bengan wanita yang tidur 8 jam dalam satu hari. Kanker usus besar adalah penyakit lain selain kanker payudara jenis kanker yang mungkin terjadi. Orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam semalam akan mengakibatkan resiko kanker usus semakin besar bahkan sampai 47 persen.
Selain memicu resiko kanker, begadang juga akan mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya di kemudian hari dan beberapa penyakit yang akan timbul jika sering begadang antara lain :
·         Penyakit Jantung
Penyakit ini uga sering disebut sebagai silent killer, penyakit ini bisa disebabkan karena pola tidur yang kurang baik seperti tidur kurang dari 7 jam dalam satu hari. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam dalam satu malam dan sering bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan yang lebih memprihatinkan wanita di bawah usia 60 tahun dengan 5 jam dalam waktu tidur malamnya akan mengalami peningkatan risiko penyakit jantung sampai 2 kali lipat.
·         Diabetes
Jika sampai saat ini Anda masih sering menghabiskan waktu malam untuk hal yang kurang berguna sebaiknya kurangi kebiasaan ini mulai dari sekarang. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe dua dengan kurang tidur akan meningkatkan glukosa sampai 9 % lebih tinggi. Hal tersebut dipicu disaat begadang Anda sering memilih makanan yang justru tidak bisa diproses oleh tubuh Anda dan akibatnya akan meningkatkan resiko diabetes sampai 23 %.
·         Obesitas
Dengan memangkas jam tidur maka badan akan menjadi cepat lemas sehingga membuat anda makan lebih banyak dari porsi makan Anda biasanya. Walaupun bagi Anda yang masih dalam usia muda tidak mempengaruhi nafsu makan namun akan mengakibatkan tubuh menjadi lambat dalam membakar kalori yang menumpuk dalam tubuh. Begadang akan berakibatkan adanya peningkatan hormon dalam tubuh yaitu leptin yang berguna untuk mengontrol nafsu makan Anda.
·         Menurunkan daya tahan tubuh
Di saat tidur tubuh melakukan proses regenerasi sel namun jika Anda memiliki kebiasaan tidur yang kurang baik seperti begadang, hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih lemah dan akhirnya mudah terserang penyakit.
·         Kematian
Sebuah penelitian yang dilakukan dalam rentang 10 tahun dan melibatkan 16.000 orang di dalamnya. Pada penelitian ini melaporankan orang-orang yang kurang tidur akan mengalami risiko kematian hingga 2 kali lipat lebih besar disbanding mereka yang memiliki cukup tidur.

Jadi Walaupun Anda memiliki kegiatan yang harus dikerjakan pada malam hari namun sebaiknya tidak mengganggu kegiatan dalam mempertahankan gaya hidup sehat termasuk cukup tidur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar