Crystal X

Jumat, 10 Oktober 2014

Penyebab dan cara mengobati cekukan



Dapat dipastika setiap orang pasti pernah merasakan cegukan. Cekukan memang umum terjadi pada setiap orang, cekukan sering dikaitkan kurang minumlah yang menjadi penyebabnya. meskipun tidak berbahaya, cegukan dalam durasi lama dan berulang bisa mengganggu aktivitas Anda. Apalagi jika sedang terlibat dalam sebuah rapat atau perkumpulan keluarga atau acara-acara yang membutuhkan keseriusan, hal ini bukan hanya membuat rasa tidak nyaman bagi yang sedang mengalaminya, tetapi bisa juga memancing respon orang di sekitar Anda yang mendengarkannya. Sebenarnya, apa saja penyebab cegukan yang biasa di alami banyak orang?
Penyebab cegukan terjadi karena adanya kontraksi yang tiba-tiba atau bisa tidak disengaja pada diagframa dan umumnya terjadi berulang-ulang. Cegukan terjadi saat tingkat karbondioksida dalam darah menurun atau bisa dikatakan terlalu rendah. Ada beberapa makanan bisa menjadi pemicu cegukan, misalkan makanan pedas dan minuman beralkohol.
Bagaimana caranya supaya bisa terhindar dari cegukan yang bisa mengganggu ini, dan bagaimana cara mengatasi cegukan yang tiba-tiba datang mengahmpiri Anda. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobati cekukan:
·         Pikiran bisa menyebabkan cegukan semakin parah, usahakan saat Anda sedang cegukan, hilangkan pikiran Anda dari keadaan tersebut yang akan berakibat tidak baik pada cekukan yang sedang Anda alami. Dan lakukan aktivitas lain yang bisa menyibukan, agar cegukan pun bisa cepat hilang.
·         Dahulu menghilangkan cegukan dengan cara mengagetkan orang yang sedang cegukan dengan tiba-tiba. Meskipun tidak ada bukti ilmiah terhadap hal ini, cara yang satu ini masih dipakai.
·         Dengan menjulurkan lidah dan menahannya beberapa saat, ternyata bisa menstimulasi tenggorokan yang terhubung dengan pernapasan dan pita suara Anda.
·         Jangan biarkan bayi menghisap botol susu yang sudah habis di minum atau kosong, supaya tidak banyak udara yang masuk ke tubuh.
·         Menutup telinga dengan jari juga bisa menghilangkan cegukan walau belum terbukti secara medis.
Cegukan memang hal yang biasa terjadi, tidak perlu terlalu menjadi pikirkan yang berlebih. Tapi jika cegukan sudah berlangsung berhari-hari, Anda perlu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk mengetahui apa yang terjadi dengan cegukan yang anda alami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar