Crystal X

Senin, 04 Januari 2016

Tutup hidung saat akan bersin sebabkan gendang telinga retak

Di tengah musim hujan, flu dan demam merupakan penyakit yang banyak menyerang masyarakat. Penyebabnya, udara lembap menyebabkan timbulnya virus penyakit yang menyebabkan dua penyakit tersebut tumbuh subur dan menjadi semakin mudah menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang yang sedang menurun.
Saat pilek menyerang, bersin merupakan hal yang umum terjadi pada penderitanya. Namun sayangnya, ada beberapa orang yang memilih menutup hidung dan menghentikan bersin. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa kebiasaan ini terlihat tidak membahayakan. Namun sebuah penelitian menjelaskan bahwa menutup hidung saat akan bersin bisa membuat gendang telinga retak.
Udara yang keluar saat seseorang sedang bersin berkecepatan kurang lebih 160 kilometer per jam. Sehingga jika Anda secara tiba-tiba menghentikan bersin maka tekanan tersebut akan dialihkan ke bagian tubuh lain seperti telinga yang kemudian dapat mengakibatkan retaknya gendang telinga dan kesehatan pendengaran bisa terancam.
Menahan bersin dengan cara menutup hidung selain membahayakan kesehatan telinga juuga dapat menyebabkan tekanan udara yang terjebak di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan mata serta kapiler darah yang ada di mata juga terluka. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, menghentikan bersin yang akan keluar juga dapat menyebabkan stroke karena pembuluh darah yang ada di otak pecah.
Bersin merupakan pertahanan alami tubuh untuk menolak dan mengeluarkan bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Menutup hidung saat akan bersin justru bisa membuat bakteri tersebut semakin masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit semakin sulit untuk sembuh.
Sudah seharusnya kita semua membiarkan pertahanan alami tubuh bekerja melawan berbagai bakteri penyebab penyakit. Agar system pertahanan alami tubuh lebih kuat penting untuk selalu menjaga pola hidup. Karena pola hidup yang banyak diterapkan dewasa ini cenderung jauh dari pola hidup sehat, sehingga malah dapat melemahkan system pertahanan alami tubuh.
Pemilihan menu makanan juga dapat berpengaruh pada system kekebalan tubuh yang bisa berujung pada timbulnya penyakit, pilihlah makanan sehat sebagai menu makan Anda bukan makanan terkenal namun malah dapat berdampak buruk pada kesehatan.
Tips kesehatan lebih lengkap kunjungi crytalx.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar