Crystal X

Selasa, 07 Juli 2015

Kebiasaan Buruk Saat Makan Ini Harus Anda Hindari

Jam makan merupakan waktu yang penting, karena kesehatan tubuh akan sangat bergantung pada apa saja yang Anda masukkan ke dalam perut. Hanya saja masih banyak yang meremehkan jam makan sehingga membuat kita terserang berbagai jenis penyakit atau gangguan kesehatan karena kebiasaan buruk yang dilakukan saat makan.
Tanpa disadari ada berbagai kegiatan buruk yang sudah menjadi kebiasaan setiap hari. Simak berbagai macam kebiasaan buruk sewaktu makan berikut.
1. Makan terlalu larut malam
Makan besar atau sekedar ngemil saat larut malam banyak dilakukan banyak orang. Terutama bagi yang memiliki jam malam karena beberapa alasan seperti pekerjaan atau kepentingan lain yang membuatnya harus terjaga sampai larut malam. Terjaga hingga larut malam sering membuat timbul rasa lapar, sehingga timbul keinginan untuk menyantap sembarang makanan termasuk cemilan. Makan terlalu larut malam maka kebiasaan tersebut akan membuat perut menjadi buncit dan kualitas tidur semakin menurun karena organ pecernaan yang harusnya sudah beristirahat malah bekerja untuk mencerna makanan. Maka sebaiknya aturlah jam makan malam yang diseimbangkan dengan jam tidur malam yang cukup.
2. Makan untuk menghilangkan stres
Mengkonsumsi makanan merupakan hal yang menyenangkan. Ada kalanya hal tersebut membuat seseorang ketagihan untuk makan makanan tersebut. Rasa senang yang dihasilkan terkadang seringkali dijadikan penghilang penat saat stres. Sebenarnya hal tersebut tidak baik, makan makanan favorit dengan rasa yang senang juga dialami para penderita obesitas dimana mereka merasakan bahagia dan akhirnya lupa akan masalah yang ada di baliknya.
3. Makan dalam jumlah yang besar
Makan dalam jumlah besar akan menjadi hal yang wajar terutama jika makan sambil menonton TV atau mengobrol. Hal dengan cara tersebut dapat menyebabkan terjadinya obesitas sehingga perlu diketahui seharusnya Anda makan dalam jumlah yang cukup dan yang dibutuhkan saja. Tips agar Anda bisa mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi yaitu membiasakan makan di meja makan.
4. Makan terlalu cepat

Makan dengan terburu-buru tentu tidaklah baik untuk kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan timbulnya gangguan pada perut. Saat makan dengan terburu-buru akan menimbulkan penekanan udara berlebihan sehingga berakibat pada terjadinya masalah perut kembung. Jika Anda makan dengan ritme yang terlalu cepat maka terjadi kemungkinan anda tidak akan mengunyah makanan dengan sempurna dan akhirnya hanya air liur yang bertugas menghancurkan makanan. Kebiasaan tersebut akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras yang pada akhirnya dapat berujung terjadinya gangguan pada pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar