Crystal X

Rabu, 20 Mei 2015

Manfaat Buah Alkesa yang Langka

Buah Alkesa merupakan buah yang sudah langka di pasaran. Banyak orang menyebut buah berwarna kuning bersih ini sebagai buah Kesah, Kanistel,  ada juga yang menyebutnya dengan nama Sawo Walanda dan Sawo Ubi. Dengan warnanya yang kuning serta sering tersisa menempel di gigi membuat buah ini juga disebut dengan buah Jigong.
Anda bisa mendapatkan buah ini di Padalarang, sepanjang jalur Puncak yang mengarah ke arah Bandung. Buah langka ini ini banyak di jajakan di kios pinggir jalan. Buah Alkesa merupakan buah yang tidak mengenal musim, tanaman ini akan berbuah sepanjang tahun tidak seperti durian atau rambutan.
Di Indonesia buah Alkesa ini dianggap sama seperti memakan buah segar pada umumnya namun di banyak tempat Alkesa masuk dalam jenis umbi-umbian. Buah alkesa juga kaya akan kandungan kalori, karbohidrat dan juga serat. Selain itu buah ini masih memiliki kalsium, fosfor, serta karoten, thiamin, dan vitamin C serta beberapa kandungan lain. Kandungan tersebut membuat buah ini disebut-sebut sebagai alternatif pangan yang amat baik.
Walaupun buah ini belum populer, namun Alkesa memiliki banyak manfaat di dalamnya. Sudahkan Anda mengetahui manfaatnya ?
·         Bahan Campuran Sajian Makanan.
Buah nan kaya gizi ini banyak yang diolah dengan cara dipadukan untuk berbagai macam keperluan. Alkesa juga biasa dijadikan bahan baku pembuatan selai, dodol atau ada juga yang membuat tepung untuk bahan campuran cake atau kue talam. Buah langka ini juga dapat menjadi campuran dalam puding, serta kue pancake atau busa jupa pada kue pai. Buah ini bisa juga biasa digunakan untuk campuran milkshakes dan es cream. Di Amerika Tengah Alkesa dijadikan sebagai bahan pembuatan permen karet.
·         Sebagai Obat.
Kulit buah Alkesa di Meksiko dan Kuba bisa sebagai obat penurun panas. Sementara daging buah dan rebusan daun Alkesa digunakan sebagai obati diare. Cara memanfaatkan buah Alkesa yang masih muda muda yaitu dengan cara diparut kemudian diperas dan disaring airnya. Campur perasan tersebut dengan dengan air hangat dna minum 2 kali dalam sehari.
·         Atasi Radang Mulut.
Daun Alkesa muda yang dicincang kemudian direbus dengan air bersih secukupnya dan dinginkan dapat menjadi obat untuk mengatasi radang muult. Caranya gunakan air hasil rebusan tersebut untuk berkumur.
·         Menjaga Kesehatan Mata.
Alkesa mask dalam jenis buah dengan kandungan vitamin A sehingga jika Anda mengonsumsi buah ini akan menyehatkan mata dan penglihatan Anda.
·         Cegah Kanker Usus.
Buah ini memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk pencernaan dalam usus. Selain itu buah ini juga akan menghindarlan Anda dari penyakit sembelit serta mencegah terjadinya kanker usus.
Mencegah kanker usus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar