Crystal X

Rabu, 12 Desember 2012

Mengatasi Masalah Haid


Memperlancar Haid – Diantara problem yang timbul pada perempuan adalah haid tidak lancar. Haid yang tidak lancar dapat ditimbulkan oleh faktor-faktor tertentu, diantaranya faktor fisik dan faktor psikis. Situasi kesehatan tertentu dapat menjadi penyebab gangguan pada haid yang tidak normal.

Gejala-gejala seperti migrain, mood swing atau nyeri pada perut dapat timbul sebelum haid. Gejala-gejala ini dinamakan Pre Menstrual Syndrome (PMS). Bila rasa nyeri ini masih ada saat datang masa haid, hal tersebut disebut dysmenorrhea. Adapun kegagalan haid dalam waktu yang cukup lama disebut dengan amenore.

Haid yang tidak lancar dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dibawah ini adalah penyebab-penyebab haid tidak lancar.

1. Ada gangguan pada fungsi hormonal
Fungsi hormonal yang terganggu dapat menyebabkan haid tidak lancar. Adanya gangguan fungsi hormonal diakibatkan oleh adanya ketidakseimbangan organ-organ yang menghasilkan hormon seperti hormon esterogen dan progesteron.

2. Berat badan yang tidak ideal
Mempunyai berat badan yang kurang atau berlebih dapat menyebabkan terjadinya gangguan dalam metabolisme lemak yang dapat berpengaruh terhadap kadar esterogen didalam tubuh.

3. Nutrisi yang tidak seimbang
Makanan yang dikonsumsi setiap hari namun belum memenuhi asupan nutrisi tubuh dapat menyebabkan nutrisi tidak seimbang. Nutrisi yang tidak seimbang dapat memnyebabkan haid tidak lancar.

4. Menjalani diet yang buruk
Banyak perempuan yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, tidak semua diet adalah baik untuk kesehatan tubuh. Ada diet yang justru malah membahayakan tubuh.

5. Siklus haid dengan rentang waktu yang lumayan lama
Hal ini seringnya disebabkan karena tidak diawali oleh keluarnya sel telur.

6. Menderita penyakit kista
Umumnya penderita kista akan mengalami haid dengan siklus yang tidak normal. Berbeda dengan orang yang haid normal, caian darah yang dikeluarkan sedikit pada penderita kista.

7. Menderita diabetes
Penyakit diabetes juga merupakan penyebab haid tidak lancar. Hal ini karena kadar gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan haid tidak lancar. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan darah keluar secara berlebih selama haid dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada Beberapa tips mudah yang dapat diperbuat untuk mempermudah memperlancar haid. Berikut ini adalah cara memperlancar haid.

- Perbanyak konsumsi air putih.
- Mengonsumsi jamu, ramuan atau obat yang dapat bermanfaat untuk mempermudah memperlancar haid.
- Kurangi kegiatan yang membuat anda kelelahan.
- Memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh.
- Jangan mengangkat beban yang berat.
- Menghindari santapan yang mengandung banyak lemak
- Lakukan aktivitas olahraga enteng, seperti joging.
- Bagi yang menderita kista, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang asam dan pedas juga makanan cepat saji.

Demikian cara memperlancar haid.

Mengatasi keputihan? ya crystal x jagonya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar